Asal Usul Desa Paniis Kecamatan Pasawahan Lengkap


Asal usul Desa Paniis

            Alkisah dijaman luluhur mbah Kuwu Cirebon-girang ngadeg pakuwon,nya tiharita anu samamehna teu aya ngaran desa,ngan ayana katelah pademangan anu di luluguan demang-demang wae,nya ayeuna meureun kuwu atawa lurah. Malah harita mah di sebutna kanjeng  dalem ayana teh,tijaman kanjeng dalem robah jadi ngaran desa nya ti ngawitannana si nuhun Cirebon Girang jarah ka tanah Suci mekah anu pertama pisa ti tanah jawa,malah ceunah mah si Nuhun Cirebon Girang pisan anu pertama nyandak Jubah Asli ti tanah mekah.
            Samulangn ti tanah Suci si nuhun Cirebon-Girang pada nyarebut jeuneung Mbah Kuwu,tuluy bae ngembangkeun ajaran Islam.Tiharita Mbah Kuwu teh nyebarkeun utusan ka unggal-unggal pademangan tea,malah ceuk carita pademangan urang oge nya ngirim putusan.
 Sabab baheula mah pedemangan urang teh di sebut Dukuh Pande,Anu di luluguan ku buyut Pande ayana di dukuh luhur ti tonggoheun sakuloneun Balong cibatok.
Asal Usul Desa Paniis Kecamatan Pasawahan Lengkap
            Buyut Pande katamuan utusan ti Cirebon Girang anu nami Mbah Buyut Ngaberi Wanayasa tea,ceuk Carita Mbah Buyut Ngaberi wanayasa henteu Mulih deui ka Cirebon Girang,tapi ngabak yassa nyantrikeun anu di emban tugaskeun ku Mbah Kuwu Cirebon Girang tea,ceunah mun geus hasil nyantrikeun sakalian tugasna teh  ngarobah Padukuhan jadi padesaan atanapi Desa.
            Mbah Kuwu Cirebon Girang nami Aslina Mbah Sinuhunsangkan anjeuna pisan anu nugaskeun ka sakabeh utusan malah dukuh-dukuh supaya di robah jadi Desa jeung di luluguan ku saurang Kuwu hasil Pamilihan Kuwu. Saparantos hasil ngarobah padukuhan Pande jadi Desa,Mbah Buyut Pande tumaros Ka Mbah Buyut Ngabei Wanayasa:”Mbah rupina betah di dieu,Naha yen teu hoyong Kalembur Asal?”jawab Mbah Buyut Ngabei Wanayasa: “Rupina Betah yeuh didieu asa ku resep Hawana tiis matak seger,Sugan we Jadi Paniisannya? Aeh Desa urang ieu teu acan boga ngaran,urang ngaranan waenya ku ngaran Desa Paniis saimbang jeung hawana yeuh?”Kitu Saurna
Mbah Buyut Pande rupina nyatujuan sabab anjeuna unggeuk sabari jeung nembalna:”bisa bae ki Buyut,nya atuh ari kitu mah urang isuk embarkeun ka masyarakat. Isukna pada gorejag Mbah buyut oada nitahan ka kabayanna embarkeun sangkan masyarakat pada ngumpul di pasantrian bari nguriling nabeuh bareng(Beundeu).Masyarakat pada ngumpul sabari sakalian milih kuwu.Ti Harita Padukuhan Pande ngajadi ngaran Desa jeung di alihngaran jadi Desa PANIIS.
            Mbah Buyut Ngabei Wanayasa nganjrek jadi kokolot di Paniis sareng Bojona dugi Ka Pupusna,anu batu nisana di adeug sesepuh diangge karamat kuburan alit dusun Tengger Paniis Katelahna. Kitu geuning asa-usulna Desa Paniis nun hapunten ka luluhur Paniis boh bilih aya sebat name anu kacutat ngaran pamugi ngama’lum sareng neda di Hampura,Amin.

Profil Desa Paniis

1.1.       Kondisi Desa
Desa Paniis adalah bagian dari Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan yang kebanyakan masyarakatnya hidup dan bekerja sehari-hari adalah dalam bidang pertanian. Dengan luas wilayah 351.154 Ha yang terdiri dari Tanah Permukiman, Tanah Persawahan, Tanah Hutan dan Perkebunan. Keadaan Desa Paniis perkembangannya dario tahun ke tahun semakin meningkat baik dalam segi pelayan umum, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan ataupun segi pembangunan saran dan prasarana. Perkembangan tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan gotong royong pemerintahan desa dan masyarakat serta bantuan pemerintahan baik pusat maupun daerah.

1.2.       Letak Geografis Desa Paniis
Desa Paniis dilihat dari letak geografis adalah sebuah Desa yang berada di bawah lembah gunung Ciremai sebelum Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat.
Desa Paniis memiliki panorama alam yang sejuk serta pemandangan yang indah dengan ketinggian ± 400 Km di atas permukaan laut. Udaranya bersih dan nyaman enak dipandang mata, dan berpotensi untuk dijadikan kawasan wisata.\
Tentu saja sebagai masyarakat yang mempunyai rasa syukur senan tiasa berusaha untuk melestarikan dan memelihara panorama alam tersebut dari kerusakan dan kepunahan alam yang begitu menawan.
Jika alam itu punah atau tidak dilestarikan sudah barang tentu menjadi masyarakat yang tidak bisa menjaga amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Bukankah Tuhan telah memperingatkan kepada umat manusia agar mensyukuri nikmat yang telah dianugrahkan.

1.3.       Nama – Nama Situs dan Altipak di Desa Paniis
Untuk mengetahui Riwayat Singkat Desa Paniis marilah kita lihat berbagai situs peninggalan yang paktual sebagai bahan pertimbangan daya nalar kita. Dimana ada kehidupan tentu ada air, atau dimana ada air tentu ada kehidupan? Itulah yang dapat dijadikan daya nalar kita baik secara ilmiah maupun alamiah.
Tentu saja situs dan paktual lainnya didapat dari keterangan-keterangan sesepuh masyarakat Paniis yang terilhami tentang situs dan keberadaanya.
Situs atau Altipak yang paktual tersebut diantaranya :
a.       Hulu Cai ( Nyi Mas Saraka Turun Bandung )
b.      Dukuh Luhur ( Buyut Pande Wesi Padomas )
c.       Hulu Dayeh ( Nyi Mas Sarenik Damar Wulan )
d.      Leber Beas ( Nyi Mas Hanjuang Putih )
e.       Buyut Bei ( Wanayasa / Bandawasa )
f.       Buyut Salarema ( Sawah Cireuma )
g.      Dan sebagainya
Situs-situs dan nama-nama tempat yang paktual tersebut diperkirakan ± tahun 1700 Masehi, yang keberadaan masyarakatnya adalah primitif, animisme, hinduwisme, budhaisme, dan islamisme. Kemudian perubahan baik secara alam maupun datangnya pembaharuan yaitu penyebaran Islam atau pengislaman yang disebarkan oleh Embah Kuwu Cirebon dan yang mendapat tugas atau mandat untuk penyebaran Islam di Desa Paniis yaitu Embah Buyut Bei (Ngabihi) bernama Wanayasa / Bandawasa.
Embah Buyut Bei mempunyai keturunan yaitu di Salareuma ( Sawah Cireuma )
Dan sepeninggalanya Embah Buyut Bei Padukuhan Paniis telah terbentuk menjadi enam tempat yaitu :
a.       Rurah Manis
b.      Rurah Pahing
c.       Rurah Phuhun ( Pon )
d.      Rurah Wage
e.       Rurah Kliwon
f.       Rurah Siangkup ( Singkup )
1.4.    Nama-nama Kepala Desa Paniis Yang Dapat di Inventarisir
1.      Bapak Gumer lamanya 32 tahun yaitu dari tahun 1850 – 1882
2.      Bapak Parta lamanya 2 tahun yaitu dari tahun 1882 – 1884
3.      Bapak Asna Sastra lamanya 30 tahun yaitu dari tahun 1884 – 1914
4.      Bapak Sawega Prajasentana lamanya 35 tahun yaitu dari tahun 1914 – 1949
5.      Bapak Mukrim Suwita Atmaja lamanya 9 tahun yaitu dari tahun 1949 – 1958
6.      Bapak E. Hanan lamanya 10 tahun yaitu dari tahun 1958 – 1968
7.      Bapak E. Sumarta lamanya 10 tahun yaitu dari tahun 1968 – 1978
8.      Bapak T. Pirmadi lamanya 10 tahun yaitu dari tahun 1978 – 1988
9.      Bapak Ojaem Rojaem lamanya 19 tahun yaitu dari tahun 1988 – 2007
10.  Bapak Abdul Syukur Efendi lamanya 5 tahun yaitu dari tahun 2007 – 2012
11.  Bapak Mulus dilantik tanggal 14 Juni 2013

1.5.       Nama Asal Usul Desa Paniis
Setelah menghubungi tokoh-tokoh masyarakat yang dipandang berperan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang asal usul Desa Paniis ternyata menemui hambatan yang karena keterbatasan daya ingat dan daya imajinasi dari para tokoh tersebut yang di karenakan faktor usia.
Namun demikian setelah memperhatikan dan menyimak dari pemaparan para tokoh tersebut ada yang dapat disimpulkan bahwa asal usul Riwayat Desa Paniis itu terjadi dari kondisi alami tempat yang damai, sejuk, dan cocok untuk beristirahat ( Paniisan ) bahasa Paniis. Dan pada saat pengislaman yang disebarkan oleh Embah Buyut Bei mereka merasa betah untuk tinggal di Paniis, sedangkan mereka yang tidak masuk islam pergi tanpa kesan ( kabur ) bahasa Paniis.

1.5.1.           Demografi
Desa Paniis merupakan bagian dari wilayah kecamatan Pasawahan dengan luas wilayah desa 351.154 Hektar, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:
ü  Sebelah Utara         : berbatasan dengan Desa Cidahu Kec. Pasawahan
ü  Sebelah Selatan      : berbatasan dengan Desa Cibuntu Kec. Pasawahan
ü  Sebelah Timur         : berbatasan dengan Desa Suka Sari Kec. Mandirancan
ü  Sebelah Barat         : berbatasan dengan Desa Singkup Kec. Pasawahan
ü  Orbirasi:
ü  Jarak ke Ibu Kota Kecamatan :3 Km
ü  Jarak ke Ibu Kota Kabupatan : 28 Km
ü  Jarak ke Ibu Kota Provinsi      : 82 Km
ü  Topografi :
Secara umum Desa Paniis terletak pada ketinggian 400-450 meter diatas permukaan laut dengan kontur permukaan tanah 35% datar dan 65% berbukit dengan suhu rata-rata 280C s/d 320C. Iklim Desa Paniis, sebagaimana desa-desa lain di wilayah Indonesia mempunyai iklim kemarau dan penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di desa Paniis Kecamatan Pasawahan.
ü  Hidrologi dan Klimatologi:
ü  Curah hujan            : 2.300 Mm
ü  Suhu rata-rata         : 280 C s/d 320C
ü  Tinggi tempat           : 400-450 m dpl
ü  Bentang wilayah      : Datar berbukit

1.5.2.           Keadaan Sosial meliputi:
a.       Kependudukan
Perkembangan penduduk di desa Paniis  secara umum dari tahun ke tahun selalu menunjukan peningkatan walaupun tidak signifikan, sampai dengan akhir tahun ini jumlah penduduk desa Paniis sebanyak 4.269 Jiwa, yang terdiri dari laki-laki 2.202 Jiwa, perempuan 2.094 Jiwa dan jumlah kepala keluarga sebanyak 1.193 KK. Yang tersebar dalam 5 wilayah dusun dengan perincian sebagai berikut:
ü  Dusun Pahing                          : 827 Jiwa
ü  Dusun Wage                            : 807 Jiwa
ü  Dusun Manis                           : 693 Jiwa
ü  Dusun Pon                              : 967 Jiwa
ü  Dusun Kliwon                         : 1.002 Jiwa

Dilihat dari tingkat pendidikan,penduduk desa paniis terbagi atas :
-          Tamat SD / sederajat               : 1457 Orang
-          Tamat SLTP                            :  527 Orang
-          Tamat SLTA                           : 981 Orang
-          Tamat D 1                               : -
-          Tamat D 2                               : 15 Orang
-          Tamat D 3                               : 6 Orang
-          Tamat S 1                                : 28 Orang
-          Tamat S 2                                : 3 Orang
Pemeluk agama di Desa Paniis terdiri atas :
-          Islam                                       : 4.296 Orang
-          Kristen                                    : -
-          Katolik                                    : -
-          Budha                                      : -
-          Hindu                                      : -

b.      Indeks Pembangunan Manusia
c.       Kesehatan
d.      Pendidikan
e.       Kesejahteraan sosial (Masyarakat)
f.       Ketenmagakerjaan
g.      Pemuda dan Olahraga
h.      Kebudayaan
i.        Tempat Peribadatan

1.5.3.       Keadaan Ekonomi meliputi:
a.       Pajak dan Retribusi Daerah
b.      Alokasi Dana Desa
c.       Sumber Penerimaan Desa Lainnya
d.      Tempat Wisata
e.       Air Bersih

2.2.    Kondisi Pemerintahan Desa

2.2.1.     Pembagian Wilayah Desa
Wilayah Desa Paniis Kecamatan Pasawahan terbagi dalam 5 Dusun, yaitu Dusun Pahing, Dusun Wage, Dusun M anis, Dusun Pon dan Dusun Kliwon. Terdapat 5 rukun warga dan 15 Rukun Tetangga. Total luas wilayah adalah 351,154 hektar.
Tanah fasilitas umum :
-          Kas Desa                                             : 12 ha
-          Perkantoran Pemerintahan                  : 3,2 ha
-          Lapangan                                             : 2,3 ha
-          Tanah Bengkok                                   : 16 ha

2.2.2.   Struktur Organisasi Pemerintahan Desa
            Pemerintahan Desa Paniss saat ini mempunyai perangkat desa sebanyak 9 orang yang terdiri dari Sekretaris Desa 1 orang, Kepala Urusan 3 orang dan Rurah 5 orang.
            Adapun lembaga desa lainnya, baik itu lembaga pemerintahan maupun lembaga kemasyarakatan antara lain :
-          Badan Permusyawarahan Desa (BPD)                    : 11 orang
-          Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa             : 11 orang
-          PKK                                                                         : 30 orang
-          Karang Taruna                                                         : 20 orang
-          GAPOKTAN                                                           : 117 orang
-          Anggota LINMAS                                                   : 10 orang
-          DKM                                                                        : 14 orang
-          MU Desa                                                                  : 8 orang




Paniis Singkup adalah salah satu obyek wisata alam yang layak dijadikan pilihan yang bagus untuk berwisata, bagi yang merefresh dari kepenatan suasana kota disinilah tempat yang pas.
Objek wisata yang terletak di Desa Paniis Kecamatan Pesawahan ini telah melakukan beberapa pembenahan yaitu : pemasangan paving block untuk area jalan pengunjung, merapikan area tepi sungai, dan pemasangan sign system di area objek.
Di Objek Wisata Paniis Singkup sendiri telah ada beberapa area yaitu : Area Bumi Perkemahan (Buper) dan Area Pemandian. Untuk Area Buper letaknya ada di atas Area Pemandian, area ini biasa digunakan pengunjung untuk perkemahan. Sedang di area pemandian ini pengunjung dapat berenang atau sekedar bermain di air jernih yang langsung dari mata air alami yang tentunya sehat. Air disinipun konon dipercaya memiliki nilai magis yang mampu memberi berbagai khasiat. Lokasi berada di Desa Paniis dan desa Singkup, Kecamatan Pasawahan kabupaten Kuningan Jawa Barat.

· Aksebilitas

Karena masih satu cluster wisata, antara objek wisata Talaga Remis Park and Resort ini berdekatan dan masih di satu Kecamatan, dan untuk aksebilitas nya pun relative tidak jauh berbeda ketika akan menuju ke objek wisata Talaga Remis Park and Resort.

Bagi para pengunjung asal Jakarta dan sekitarnya, bisa dengan menggunakan Kereta Api menju Stasiun Kejaksan Cirebon kemudian, dari sana bisa menggunakan jasa travel setempat untuk diantar langsung ke tempat tujuan, dengan harga yang relative terjangkau sekitar 100-150rb, tidak terlalu mengeluarkan kocek yang besar untuk membayar jasa travel setempat ke objek wisata Paniis-Singkup River Park dengan jarak tempuk sekitar 30 menit dengan jarak sekitar 20 km kearah barat dari jantung kota Udang Cirebon.

Bila calon pengunjung tidak berkesempatan menggunakan jasa kereta api dari Jakarta menuju Cirebon, tidak usah khawatir , karena ada banyak angkutan bus 24 jam menuju Kabupaten Kuningan dari arah Jakarta, missal Bus Luragung Jaya, Bus Setia Negara, dan masih banyak lagi Bus tujuan Cirebon dari Jakarta, jika menggunakan bus dari Jakarta menuju Kuningan dengan ongkos yang relative murah sekitar Rp. 40.000,- sampai Rp. 55.000,-, calon pengunjung bisa turun langsung tepan di depan alun-alun Kecamatan Cilimus atau tepat di depan Pasar Cilimus, dari sana bisa menggunakan jasa angkutan umum (angkot) menuju daerah Mandirancan kemudian Pasawahan dengan kisaran ongkos Rp.5.000,- sampai Rp. 7.000,- samapai tempat tujuan.

Dari Mandirancan perjalan menuju objek wisata Paniis-Singkup River Park kemudian dilanjutkan dengan menggunakan jasa Ojek dengan tarif sekitar Rp. 10.000,- sampai Rp. 13.000,-, karena memang belum ada angkutan umum secara khusus untuk menuju objek wisata ini, hal ini sering dilakukan oleh para backpacker yang ingin berkunjung Paniis-Singkup River Park. Untuk rombongan disarankan langsung aja dengan mencarter mobil angkutan umum tersebut sampai ke tempat tujuan, diperkirakan untuk tarif borongan sekitar Rp.50.000,- sampai Rp. 75.000,-.


· Harga Tiket

Harga tiket masuk objek wisata Paniis-Singkup River Park sebesar Rp. 7.000,-  sudah termasuk tiket PNBP sebesar Rp. 1.500,-

· Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Objek wisata Paniis-Singkup memiliki suasana yang khas dan berbeda dengan objek wisata lainnya, diantaranya terdapat lokasi camping ground yang cukup luas, dan berada di tengah-tengah hutan pinus. Disamping itu pula terdapat aliran sungai yang airnya sangat jernih sekali mengalir sepanjang objek wisata, bahkan para pengunjung dengan sengaja berenang atau sekedar bersih-bersih dan mandi di sepanjang sungai ini, sisi lain dari cerita legenda keberadaan sungai ini adalah, setiap orang yang mandi di sungai ini konon bisa awet muda, digampangkan jodoh serta rejekinya . Terdapat juga beberapa warung-warung di sekitar objek wisata, hal ini untuk memudahkan bagi para pengunjung untuk membeli makanan ringan atau lainnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter